Minggu, 29 April 2012

Kupluk buat Kurns

Sudah lama jadi, lupa kalau fotonya belum diposting :p
Benang Bulky TIPI
Jarum tulip 8

Agang Camane: Yufinats si ilustrator favoritku!

Teman-teman, seperti rencana awalku, di blog ini, selain berbagi foto-foto kerajinan tanganku, cerita-cerita tentang Craft Tour-ku, saya juga akan menulis cerita tentang teman-teman crafter yang ada di Makassar. Saya menamai labelnya sebagai Agang Camane, percampuran bahasa Makassar dan Bugis yang artinya teman imut-imut ;)

Agang Camane kali pertama tentang Yufinats, teman crafter aktif nge-blog pertama yang kukenal di Makassar. Salah satu sumber inspirasi yang banyak berbagi banyak hal pada saya. 
Yufinats dan anaknya, Kaila...

Selain membuat ilustrasi dengan karakter khas-nya, dia juga jago menyulam, terus bisa menjahit, jago masak...Pokoknya Te O Pe deh! Tidak percaya? Langsung saja berkunjung ke blognya : yufinats.blogspot.com

Ini ilustrasinya yang paling kusuka

Kami berkenalan pertama kali dalam sebuah komunitas sketcher Makassar. Mungkin teman-teman juga masih ingat ceritaku tentang Perjalananku merajut sampai Sorowako? Atau ceritaku tentang kelas Menyulam Quotes? Nah, semua itu karena Yufinats. Saya senang sekali bisa berteman dengannya, terutama bisa mengintip ilustrasi dan sulaman-sulamannya yang aish... keren sekali.

Berikut tanya jawabku dengan Yufinats atau lebih akrab kusapa kak Yuni. Kenapa lewat email? Karena sekarang kak Yuni menetap di Sorowako, sebuah kota kecil di kabupaten Luwu Timur yang jaraknya dari Makassar kurang lebih 600 km yang jika ditempuh dengan naik bus harus tahan duduk selama 12 jam. Jadi salah satu cara berkomunikasi dengannya yaaa melalui email ;)

Halo kak, saya berencana bikin satu label baru di blog, rencana namanya
"Agang Camane"
Berisi cerita-cerita tentang crafter-crafter Makassar yang kukenal dan
jadi inspirator begitu ;)

Saya memulai dari cerita tentang kita'
So, mau tanya-tanya sedikit dan banyak nah ;)

Berikut daftar pertanyaannya, mohon dibantu yah... hehehe...

1. Apa artinya "Yufinats"? Semacam sejarah atau apalah...
2. Sejak kapanki mulai tertarik dengan dunia craft?
3. Jenis craft apa saja yang kita minati? Dan kenapa?
4. Menurutta, yang bikin dunia craft ini spesial karena apa?
5. Sumber inspirasita apa-apa saja?

Kira-kira seperti itu dulu, mungkin pertanyaan lain nyusul sendiri...hehehe

Bersama keluarga :)

*Email terkirim, selang beberapa jam sudah ada balasannya ;) cekidot...

Hehehe oke2 jawab nah:
Pertama,
Yufinats itu singkatan dari Yuni Fitriyani Natsir namaku yang artinya "anak Pak Natsir yangg lahir di bulan Juni menjelang Idul Fitri"

Kedua, Tertarik craft sejak SD dengan adanya pelajaran PKK, suka nonton acara TVRI keterampilan rumah tangga :)

Ketiga, Semua jenis craft menyenangkan, masing-masing ada daya tarik, apalagi kalau sudah berurusan dengan warna warni


Keempat, "Handtouch personal" sentuhan tangan secara personal, kalau bikin sesuatu itu diniatkan untuk orang lain, maka mulai proses pembuatannya kita sudah memikirkan orang tersebut disesuaikan dengan seleranya, kebutuhannya, dan mungkin karakter orang tersebut, jadi penerimanya juga akan senang berlipat2 saat menerima barang tersebut, yang biasanya ndak ada samanya kalau dibikin secara manual.

Sulamanku dan sulaman Yufinats saat kelas Menyulam Quotes

Kelima, Sumber inspirasi secara tidak sadar dari dulu itu saya sering lihat Mama dan Bapakku, mungkin karena gaya hidup mereka yang sederhana kalau Mama itu orangnya ikut mode, tapi kalau suka sama model baju tertentu dia lebih memilih mencari bahan, dan menjahitnya sendiri, begitu juga dengan Bapak, multitalented yang dimilikinya membuat Bapak bisa membuat apa saja, bikin lemari buffet sendiri. Sepertinya jiwa pertukangan saya dapat dari mereka.
Kalau inspirasi banyak saya temukan di dunia maya, di blog yang saya follow itu inspirasi saya kebanyakan.

Tengkiyu eka :)
   

*Saya yang tengkyu kak Yuni ;) 


 


Minggu, 22 April 2012

Jumat, 13 April 2012

Minggu, 08 April 2012

Pajangan Dinding: Seven Heaven

Pajangan dinding yang berbahan kain felt ini pesanan Arie
Dia anak reggae, punya band namanya Seven Heaven :) 
Makanya pilihan warna pajangannya warna merah kuning ijo alias mekujo ;) 
Boneka dengan rambut gimbalnya itu kubuat dari teknik 
rajut paling dasar: chain alias rantai dengan bahan benang nilon.

Kejutan dari Ojanto

Ceritanya, tidak begitu lama saat tiba di Makassar setelah melakukan craft tour di Bandung-Jogja, kak Piyo dari Kampung Buku mengirimi kabar bahwa saya dapat paket dari Ojanto. Masih ingat donk, ceritaku tentang pertemuan kami di Jogja beberapa pekan lalu. Waw... waw... senang sekali saya...
Sebuah totebag dari kain yang disablon manual oleh Ojan dan empat buah coaster dengan desain-desain yang uih, keren sekali ish, bikin iri dan tadaaaa sudah dalam genggaman. Kurns yang selama ini bergelut di dunia persablonan bahkan sempat tidak percaya kalau tas itu dibuat dari sablon manual loh! Aish aish... tas baruku memang keren! Terima Kasih mas Ojan ;) Berharap bisa bertemu lagi segera...