Sabtu, 09 Juni 2012

Craft Day: Belajar sulam pita sama Uun sensei ;)

Sulam pita by Uun F. Hanis ;) keren kan? 

Hari senin, tepatnya tanggal 5 Juni kemarin akhirnya terwujud juga keinginan belajar sulam pita. Sudah lama saya penasaran bagaimana merangkai bunga-bunga menggunakan pita? Awalnya pas kak Piyo memberikan bajunya yang sudah tidak muat ke saya sekitar dua tahun lalu, bajunya warna krem dengan hiasan sulam pita dengan banyak motif di depan dan di lengannya. Saya penasaran bagaimana cara membuatnya? Niat belajarnya sempat hilang, sampai pas ke Bandung kemarin dalam rangka Craft Tour, niat mau belajar sulam pita itu muncul lagi pas kak Shanti empunya Raisy Tasthy  memberikan saya oleh-oleh sekantong pita untuk dibawa pulang ke Makassar (sekali lagi thanks kak Shanti). Jadilah saya merancang untuk belajar, dengan harapan setelah tahu sulam pita, saya mau bikin kelas menyulam pita dengan memanfaatkan pita-pita yang dikasi sama kak Shanti itu.
Nah, beruntung sekali lagi kesempatan belajar terbuka lebar pas saya bertanya ke teman-teman penyuka craft di Makassar, siapa yang tahu menyulam pita??? kak Anna merespon dengan cepat dan berbagi info kalau iparnya yang pernah tinggal di Jepang selama tiga tahun sempat kursus sulam pita di sana. Dan beruntungnya laggi, sang ipar mau berbagi ilmunya. Jadilah kami mengatur jadwal meski beberapa kali batal untuk ketemu, dan akhirnya terwujud, Yess!!!

Siapkan pola terlebih dahulu

Jadwal awalnya sih hari sabtu pagi, tapi karena mendadak saya kedatangan tamu jauh-jauh dari Kalimantan, terpaksa saya meminta untuk jadwalnya diundur. Sayangnya kak Anna yang tidak bisa ikut. Jadilah saya ke rumah kak Uun bersama Ananda, perajut yang lincah dari Makassar ;) Sampai di rumah kak Uun yang wow... desainnya keren sekali (tapi saya lupa foto-foto) kami pun disambut dengan ramah walau agak telat datangnya gara-gara nyeri yang tak diundang menyerang saya pagi-pagi. Kak Uun banyak bercerita tentang pengalamannya selama di Jepang dan betapa mahalnya bahan-bahan craft di sana, hehehe. Tapi memang kualitasnya beda, jadi wajar lah! Dia juga memperlihatkan koleksi buku-buku craft-nya yang aish patut dikoleksi juga sepertinya. Dan puncaknya pas peti berisi sulaman pitanya yang sudah berbingkai kayu dibuka, bergantianlah saya dan Ananda menelan ludah... woww... bikin ngiler, cantik dan rapi sekali pemirsa.

 Jiplak pola dengan karbon biru

 Mulai menyulam deh

Ini namanya 'Nanohana'

Kami diajari beberapa teknik dasar mulai dari memasukkan benag sampai mengatur kelopak-kelopak daun yang kadang ribet. Sulaman belum selesai semua lantaran pita yang habis dan persiapan pita kami beda. jadi mesti hunting dulu nih ;)

Diambil dari buku kreasi kak Uun, hmm... inspiratif sangat euy...

Kami pulang sekitar pukul 5 sore dengan senyum berkembang...hehehe... Terima kasih kak Uun sudah mau berbagi banyak hal. Jangan kapok mengajari kami yah sensei ;)

1 komentar:

Creativity and Share with love...