Jumat, 18 Maret 2016

Baking Soda dan manfaatnya untuk tubuh



Ini salah satu bahan yang harus ada di rumah saya setiap saat. Serba guna soalnya... Mari mari menggunakan bahan yang tidak berbahaya untuk perawatan tubuh :)

Natrium bikarbonat adalah senyawa kimia dengan rumus NaHCO3. Dalam penyebutannya kerap disingkat menjadi bicnat. Senyawa ini termasuk kelompok garam dan telah digunakan sejak lama.
Senyawa ini disebut juga baking soda (soda kue), Sodium bikarbonat, natrium hidrogen karbonat, dan lain-lain. Senyawa ini merupakan kristal yang sering terdapat dalam bentuk serbuk. Natrium bikarbonat larut dalam air. Senyawa ini digunakan dalam roti atau kue karena bereaksi dengan bahan lain membentuk gas karbon dioksida, yang menyebabkan roti "mengembang".
Senyawa ini juga digunakan sebagai obat antasid (penyakit maag atau tukak lambung). Karena bersifat alkaloid (basa), senyawa ini juga digunakan sebagai obat penetral asam bagi penderita asidosis tubulus renalis (ATR) atau rhenal tubular acidosis (RTA). Selain itu, natrium bikarbonat juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar asam urat.[1]
NaHCO3 umumnya diproduksi melalui proses Solvay, yang memerlukan reaksi natrium klorida, amonia, dan karbon dioksida dalam air. NaHCO3 diproduksi sebanyak 100 000 ton/tahun (2001).[2]
Soda kue juga diproduksi secara komesial dari soda abu (diperoleh melalui penambangan bijih trona, yang dilarutkan dalam air lalu direaksikan dengan karbon dioksida. Lalu NaHCO3 mengendap sesuai persamaan berikut :

Na2CO3 + CO2 + H2O → 2 NaHCO3

Baking soda alias soda Kue merupakan bahan untuk pembuatan kue yang terbuat dari Sodium Bikarbonat atau Natrium Bikarbonat. Selain baking soda, kita juga mengenal baking powder. Keduanya adalah berbeda. Baking soda merupakan natrum bikarbonat murni, sedangkan baking powder adalah natrium bikarbonat yang sudah dicampur dengan asam (cream of tartar) dan bahan pengering (pati).

Namun, selain digunakan untuk membuat kue agar mengembang, baking soda juga bisa digunakan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan. Diantaranya untuk perawatan kulit, wajah, rambut, kuku dan kaki. Bahkan, seorang artis Hollywood, Emma Stone mengaku menggunakan baking soda untuk merawat kecantikan wajahnya. Nah, berikut ini merupakan ulasan mengenai manfaat baking soda sebagai bahan perawatan kecantikan serta cara pengaplikasiannya.

Baking soda untuk scrub wajah
Baking soda merupakan bahan alami untuk perawatan kecantikan wajah. Caranya, campurkan 3 sendok teh  baking soda dengan air hingga mengental dan berbentuk seperti pasta. Gunakan adonan tersebut sebagai facial scrub yang berfungsi mengikis sel kulit mati. Anda juga bisa mencampurkannya dengan susu pembersih. Trik ini jauh lebih murah dan alami dibanding facial scrub yang dijual di toko-toko kecantikan.

Mengobati jerawat di wajah
Cuci wajah hingga bersih, lalu oleskan masker baking soda pada wajah secara merata. Biarkan selama sepuluh menit lalu bilas dengan air hangat. Cara membuatnya sama seperti membuat scrub. Ramuan ini efektif untuk menghilangkan jerawat dan komedo.

Mengatasi wajah berminyak
Campurkan baking soda dengan air dan gandum mentah membentuk adonan seperti pasta. Oleskan adonan tersebut ke seluruh wajah dan gosok lembut secara melingkar. Kombinasi gandum dan baking soda sangat bagus untuk mengatasi kelebihan minyak di wajah dan membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Manfaat baking soda untuk kuku
Selain bagus untuk perawatan kecantikan wajah, baking soda juga bisa Anda gunakan untuk merawat kuku. Bersihkan kuku terlebih dahulu, kemudian gosok dengan pasta baking soda menggunakan sikat gigi yang tak terpakai.

Manfaat baking soda untuk rambut
Campurkan baking soda dengan shampo dengan takara sama banyak kemudian gunakan untuk keramas. Cara ini akan membuat rambut anda lebih bersih dibanding hanya keramas dengan menggunakan shampo saja.

Manfaat baking soda untuk merawat kaki
Selain untuk merawat kuku, sodium bikarbonat juga bisa dipakai untuk merawat kaki yang kusam dan pecah-pecah. Sediakan air hangat dalam baskom kemudian campurkan 3 sendok makan baking soda. Rendam kaki dalam air tersebut selama beberapa menit sambil digosok-gosok pada daerah yang pecah-pecah.

Menghilangkan noda hitam di wajah
Selain bisa untuk mengatasi jerawat, natrium bikarbonat ini bisa anda pakai untuk menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah juga mengatasi komedo. Caranya, campurkan cangkir susu dicampur dengan 1 sdm baking soda sehingga menjadi adonan pasta. Gunakan sebagai scrub.

Baking soda juga sangat bagus jika digunakan untuk merawat kulit yang terbakar sinar matahari. Bahhkan ada yang menggunakan baking soda sebagai pembersih sisir dan kuas. Selamat mencoba.

Untuk Mencerahkan dan Memutihkan Gigi
Manfaat yang pertama dari baking soda untuk anda tampil cantik adalah bisa memutihkan gigi dengan bahan bahan seperti strawberry, lemon, dan baking soda caranya yaitu :
  • 1 buah Strawberry yang dihaluskan
  • 1 buah Lemon yang diperas
  • Baking soda 1,5 sendok makan
Campurkan semua bahan dan diaduk hingga semuanya tercampur rata. Bahan tadi yang sudah berbentuk pasta bisa digunakan sebagai pasta gigi dan mulailah menggosok gigi anda dengan pasta gigi hasil racikan kita sendiri.

Tahukah anda, strawbery mengandung asam malat yang dapat mengikis dan menghilangkan noda pada gigi. Pencampuran buah lemon dan baking soda yang digunakan sangat bermanfaat untuk membantu membuat gigi lebih putih. Rasa yang dihasilkan dari pasta gigi baking soda ini rasanya asam, jadi sebaiknya gunakan maksimal 2 kali dalam sebulan saja pasta gigi baking soda ini.

Manfaat Baking Soda Untuk Menghilangkan Ketombe Pada Rambut
Selain manfaat baking soda untuk memutihkan dan mencerahkan gigi, ada satu lagi manfaat baking soda yaitu untuk mengatasi ketombe atau membersihkan dan menghilanbgkan ketombe.

Bagaimana Cara Menggunakan Baking Soda Untuk Keramas Hilangkan Ketombe?

Caranya sangat mudah sekali, anda bisa ambil segenggam baking soda atau secukupnya. Kemudian setelah itu taburkan butiran baking soda tadi kerambut anda dan lakukan seperti keramas seperti yang biasa anda lakukan tetapi tanpa air. Nah setelah selesai, maka bilaslah rambut anda dengan air dan keramas lagi dengan shampoo kesayangan anda.
Tahukah anda kalau baking soda membantu pengelupasan kulit kepala yang kering serta akibat jamur dan bisa menetralkan PH rambut.
Penggunaan baking soda pada rambut yang berketombe cukup digunakan maksimal 2 kali dalam sebulan. Jika dalam penggunaan baking soda untuk perawatan rambut tidak berhasil, maka segeralah anda konsultasikan dengan dokter anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Creativity and Share with love...