Kamis, 18 April 2013

Abracadubra Zine Edisi 1



Abracadubra Zine edisi 1 : 
Berisi wawancara khusus dengan Pak Jahe, Bu Bawang, 
Tante Kunyit, Adik Belimbing, dan Om Jeruk Nipis 
tentang rahasia mereka selama ini ;)
Terbit dalam ukuran zine pada umumnya.

Yang mau zine ini dalam bentuk hardcopy silahkan hubungi saya, 
dengan mengganti ongkos fotocopy Rp.3000 per eksamplar  
atau yang mau dalam bentuk soft copy, 
silahkan berkirim email ke aabracadubra@gmail.com 

Oya kalau masih ada yang bingung, zine itu apa? 
Ini sedikit penjelasan tentang zine yang saya copy dari Sangkakalam

Zine adalah salah satu bentuk publikasi yg diterbitkan dan dipublikasikan oleh pembuatnya, untuk cinta dan kemarahan. Tidak ada batasan dalam sebuah zine kecuali batasan yang dibuat oleh mereka yang membuatnya. Para pembuat zine dapat menentukan zine seperti apa yang akan mereka buat. Zine adalah sebuah publikasi yang otonom dan nonkomersial. Para pembuat zine menggunakan setiap kemungkinan yang dimiliki untuk memproduksi sebuah zine. Melupakan semua prasyarat baku tentang sebuah media yang hanya menghambat produktifitas dan kreatifitas. 

Sebuah zine dapat berupa hasil fotokopi atau dicetak dengan mesin cetak; hitam putih atau berwarna; ditulis tangan; diketik dengan mesin ketik; ataupun menggunakan komputer. Zine dapat berbentuk kecil atau besar; memuat gambar dan tulisan; atau cukup salah satunya; di layout menggunakan komputer; atau cukup menggunakan gunting, lem, pena dan kertas bekas; dikerjakan sendirian; atau bersama teman-teman; berisi catatan-catatan; ide-ide; atau topik apapun yang diinginkan pembuatnya; cukup di distribusikan dengan teman-teman terdekat; didalam lingkar komunitas; ataupun didistribusikan secara luas; di bagikan secara gratis ; di barter; ataupun 'dijual'.

Zine adalah sesuatu yang sederhana dan menyenangkan. Sesuatu yang dapat dikerjakan oleh semua orang. Sesuatu yang memberikan ruang bebas bagi setiap ekspresi dan imajinasi. Dalam zine pembuatnya dapat tampil menjadi sosok yang berbeda dari apa yang biasa orang kenal. Seorang laki-laki dapat tampil menjadi perempuan dengan membicarakan banyak hal tentang perempuan, menggunakan nama yang identik dengan nama perempuan. Atau juga dapat tampil menjadi seorang anak kecil, dengan semua keluguannya, dialek cedalnya, dan dunia anak-anaknya. Zine juga memberi jalan alternatif bagi kebuntuan dari komunikasi dan interaksi, melawan setiap aleniasi yang hadir dalam masyarakat tontonan saat ini.

Zine akan menjadi nyata saat kita menjalaninya. Kita akan dapat merasakannya, membawanya kemana pun kita pergi, membacanya di tempat mana pun yang kita ingini, memberikannya di berbagai event yang kita kunjungi. Zine akan selalu ada selama media massa (mainstream) masih ada . Sebuah zine mati, ribuan zine lahir kembali. Ayo bikin zinemu!!!

3 komentar:

  1. kaka.. mau donk bukunya..yg software itu bayar ga? kalo bayar mesti transfer kemana? trimakasih.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang soft gratis :) minta emailnya kalau mau yah :)

      Hapus
  2. Yg soft ini lansung kirim email aja nih??

    BalasHapus

Creativity and Share with love...