Senin, 21 November 2011

Tutorial Making Pocketbook

Tanggal 17 kemarin, saya berusia 22 tahun (tua...), tapi bukan itu yang spesial dan ingin kuceritakan. Yang akan kubagikan kali ini justru tentang ulang tahun dua teman KKN ku, sehari dan dua hari setelah ulang tahunku. Ada Mula yang berulang tahun tanggal 18 dan Bahrul pada tanggal 20 November 2011. Dan ini hadiah yang kubuat untuk keduanya, Magiq Quote Pocketbook. Saya dan Kurns percaya bahwa sebaik-baiknya kado adalah kado yang dibuat sendiri, itu akan lebih berharga daripada membeli kado, betul tidak? 
Bagi yang suka mengunjungi blognya mbak Tarlen 'vitarlenology', pasti tak asing dengan proyek pocketbook dan magiq quote yang dibuatnya. Nah, saya terinspirasi membuat hal yang sama. Tapi, meski sudah beberapa kali membuatnya, terakhir pocketbook pesanan si Adi, tapi saya tak pernah berhasil membuat yang sangat rapi  :( 
Makanya saya berharap dalam waktu dekat ini dapat rejeki nomplok untuk membeli alat pemotong kertas (tapi mudah-mudahan ada yang mau memberikannya dengan cuma-cuam, hehehe...amin). 

Dan ini tutorialnya (kalau kurang jelas, mohon ditanyakan :)

Pertama, siapkan desain sampulnya. Karena saya membuat pocketbook, jadi ukuran yang digunakan adalah A5 (bagi duanya A4). Anda bisa membuatnya menggunakan aplikasi coreldraw

 Setelah diprint (saya hanya punya kertas foto), siapkan bahan lainnya : cutter, kertas untuk isi buku, penggaris, dan alas untuk memotong kertas, benang tebal, serta jarum besar.

 Untuk lebih tahan lama, saya memakai stiker bening dengn tipe Taki Glass Film, yang biasa dipakai membuat pin itu loh (ini juga sisa membuat pin Solfest teman-teman kemarin yang kupakai, hihihi...)

 Setelah sampul selesai, gabungkan kertas isi (terserah berapa lembar). Lalu buatkan lubang memakai jarum sebanyak tiga lubang, atas, tenganh, bawah. Siapkan jarum dan benang, kita mulai mem-binding. Tusukan pertama dimulai dari dalam buku, di lubang tengah, masukkan jarum sampai tembuk ke depan sampul. Lalu lanjutkan ke lubang atas.Dari lubang atas kan sudah tembus lagi ke bagian dalam buku. Selanjutnya menusukkan di lubang paling bawah. Terakhir, masukkan jarum di lubang tengah, sampai kedua ujung benang bertemu di tengah. Lalu diikat :)

Sisanya dirapikan dan dihias sesuka hati. Diberikan tulisan apa saja :) Kemudian dikemas dalam kertas majalah bekas. Tadaaaa....Selesai...

NB: Buat Mula dan Rhul, selamat Ulang Tahun, maaf pocketbook nya masih belum rapi :p
        Maaf juga bagi penikmat tutorial, fotonya kurang jelas (kamera digitalku hilang, saya hanya                           mengandalkan kamera handphone 2MP)

2 komentar:

Creativity and Share with love...