Selasa, 03 Juli 2012

Tutorial membuat Pin Cushion alias bantalan pentul dari tutup botol plastik

Masih ingat dengan postinganku mengenai kunjungan ke rumah Uun yang selanjutnya kupanggil sensei? Sepulang dari rumahnya, selain sulam pitanya yang keren-keren, satu hal yang masih terus melekat dipikiranku adalah sebuah pin cushion buatan Uun yang terbuat dari tutup botol bekas. Tutorialnya ada dalam salah satu tumpukan buku craftnya. Kemarin saya mencoba membuat hal serupa tapi dengan bahan seadanya, kain perca dan tentu saja tutup botol bekas. Mari dicoba ;)

Oya, selain bahan di atas, yakni tutup botol bekas, kain perca yang sudah digunting berbentuk lingkaran dengan diameter 11 cm, benang jahit lengkap dengan jarumnya, 
kalian butuh lem kain, kain felt, dakron busa, dan pita pemanis.

Langkah pertama,jahit kain perca dengan tusuk jelujur biasa sesuai bentuk tepi kain kemudian tarik, secara otomatis ia akan membentuk balon. Sebelum benangnya dikencangkan, masukkan dakron busa terlebih dahulu. Setelah penuh, kencangkan jahitan benang.

Langkah kedua, rekatkan bantalan dari kain perca tadi ke dalam tutup botol menggunakan lem kain.

Hasilnya seperti ini :)

Setelah itu bungkus tutup botol plastik dengan kain felt.

Kemudian tutupi lagi dengan pita sebagai pemanis. Selesai ;) Slamat mencoba teman-teman...


3 komentar:

  1. hmm..bisa jadi inspirasi baru buat my pinchusion's world..tapi butuh tutup botol yg lebih gede kayaknya coz kecil bgt klo pke tutup air mineral, that's what I thought. Klo yg tutorial 'jar pincushion' ada nggak eka?

    BalasHapus
  2. Kreatif.. Mau nyoba ah.. Makasih tutorialnya..^^

    BalasHapus

Creativity and Share with love...