Sabtu, 19 Januari 2013

Cara Membuat Sabun Sendiri


Halo... ini kali kedua saya belajar bikin sabun. 
Kali pertama tahun 2011 kalau tak salah ingat, saya belajar dari kak Melanie. 
Hasilnya sabun coba-coba bikin itu tidak berbusa banyak. 
Setelah caritahu sana sini ternyata memang saya tidak memasukkan bahan utama penyebab busa dalam sabun melimpah ruah, yaitu minyak kelapa. 
Saya pun berniat untuk kali kedua membuat yang lengkap dan mudah-mudahan berhasil. 
Saya meminta minyak kelapa buatan tante saya di kampung yang harumnya bukan main, 
meski sayang tapi namanya juga usaha? 
Tante saya berbaik hati membagikan satu botol minyak kelapa buatannya secara gratis. 
Betapa beruntungnya saya... 
Tapi karena banyak disibukkan sama urusan lain *sok sibuk :D 
saya pun baru sempat kembali bereksperimen lagi tiga hari lalu. 
Kali ini tidak sendiri, tapi bersama Wancrut, sodara seiman seiya sekata. 
Hahaha... She is the best untuk urusan teman ngobrol, gosip, maccalla, belajar masak, dan sebagainya.
Okey, untuk membuat sabun bahan dan alat yang perlu disiapkan adalah :

 Bahan :
Minyak sawit
Minyak kelapa
Minyak zaitun
NaOH
Pewangi (Minyak essensial atau fragrance)
Bahan tambahan jika mau, kali ini saya memakai kopi bubuk. 
(Bisa diganti dengan buah, atau apa saja, tergantung mau bikin sabun apa? Hehehe)

Alat :
Timbangan Dapur
Masker
Kacamata
Sendok plastik
Wadah utuk mencampur bahan
Cetakan 

(Untuk lebih jelas mengenai takaran saya sarankan membaca petunjuk dari sini dan sini)

Mari kita mulai. Capurkan soda kaustik atau NaOH atau lebih sering orang bilang soda api ke dalam air. Ingat, jangan sampai terbalik, memasukkan air ke dalam NaOH, itu bahaya. Saat mencampur airnya akan berubah menjadi panas dan mengeluarkan uap. Jadi jangan lupa memakai masker, sarung tangan, dan kacamata ya. Aduh pelan-pelan hingga air menjadi bening. Lalu diamkan sampai suhu air jadi normal. Sambil menunggu, silahkan campur ketiga jenis minyak di wadah lain, tentu saja dengan menakarnya terlebih dahulu.




 Setelah air NaOH dingin, masukkan campuran ketiga minyak tadi ke dalam wadah yang sudah air+NaOh tadi. Ingat, minyak yang dimasukkan ke dalam larutan air+NaOH, jangan sampai terbalik. Aduk pelan-pelan, sampai mengental, prosesnya disebut trace. Kalau sudah kental diamkan sejenak. Campuran sabun sudah siap untuk dicetak. Lebih bagus lagu sebenarnya kalau diaduk menggunakan mesin mixer. Agar lebih rata.

Silahkan bagi campuran sabun beberapa bagian jika ingin membuat berbagai macam campuran wangi atau bahan tambahan. Saya sendiri memakai tiga jenis minyak essensial untuk tiga cetakan. Dan juga membuat sabun dengan tambahan kopi untuk cetakan lainnya. Saya juga menambahkan potongan gambas dari kebun Wancrut di Mamuju pada beberapa cetakan.


 





Hasilnya seperti ini. Simpan di tempat yang aman dengan suhu stabil ruangan satu sampai dua hari kemudian keluarkan dari cetakan. Tapi belum bisa langsung digunakan, tunggu sampai padatnya mantap dan gliserinnya lebih mantap pula. Kira-kira tiga minggu. Hasilnya? Saya sendiri belum tahu, tapi mudah-mudahan ini berhasil, karena saya berusaha membuat berdasarkan berbagai petunjuk dari para pembuat sabun natural yang kutahu. Sampai jumpa tiga minggu akan datang untuk tahu hasilnya. ;)



 
 Terima kasih untuk Wancrut, Kurns, dan Chac Lubber yang telah berbaik hati meminjamkan kameranya sehingga saya bisa bikin tutorial ini. ^^

Oya, untuk lebih jelasnya, saya sarankan sebelum membuat sabun sendiri khatamkan dulu mengenai sabun natural itu sendiri. Hehehe... Mengenai manfaat, kelebihan, kekurangan, kenapa begini, kenapa begitu, silahkan kunjungi blog Diary of Soapmaker. Pokonya cerita-cerita tentang sabun natural buatan sendiri lengkap di sana. Saya juga pernah menulis sedikit cerita tentang sabun natural ini di Zine Fabulinus #2, silahkan kunjungi Linonipi jika ada yang ingin mendonlot nya ;)

Catatan Kecil : Soundtrack pas bikin tutorial ini adalah Dub Kelat Beras milik Tragic Soundsystem pas buat kami (saya dan Wancrut yang memilih bikin sabun daripada rajin masuk kuliah, hihihi... apa bede?)

33 komentar:

  1. Sabunnya minta’ satu nah kak :p

    BalasHapus
  2. keren nie mbak bisa buat sendiri, bisa jadi peluang usaah yang menarik ya...
    nice share

    BalasHapus
  3. sayang mbak koq ndak dikasi berapa ukuran masing-masing bahan kebetulan sy ingin coba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Nanik... iya saya cuma kasi link untuk resep lebih jelasnya :
      Resep#1 - sabun padat
      235 g Minyak Zaitun
      150 g Minyak Kelapa
      100 g Minyak Sawit
      74 g NaOH – Natrium hidroksida + 210 g Air
      10 cc fragrance + pewarna
      (Proses Pada Suhu ruangan)

      Resep#2 - sabun padat
      250 g Minyak Sawit
      140 g Minyak Kelapa
      100 g Minyak Jagung
      75.5 g NaOH – Natrium hidroksida + 210 g Air
      10 cc fragrance + pewarna
      (Proses Pada Suhu ruangan)

      Lebih jelasnya silahkan kunjungi
      http://ketrampilanhomeindustry.blogspot.com/2008/12/cara-membuat-sabun-mandi.html

      atau

      http://soapmakersdiary.wordpress.com/2011/12/21/membuat-sabun-mandi-sendiri/

      Semoga bermanfaat ;)

      Hapus
    2. makasih infonya, gimana hasil sabun yg dicoba kemarin bagus nggak? apa resep ini sama dgn yg telah dicoba itu?

      Hapus
    3. 235 g Minyak Zaitun
      150 g Minyak Kelapa
      100 g Minyak Sawit
      kalo takarannya dibalik bisa ga, maksudnya
      150 g Minyak Zaitun
      100 g Minyak Kelapa
      235 g Minyak Sawit

      Hapus
    4. ini hasilnya kira-kira berapa sabun ya?

      Hapus
  4. NaOH boleh beli kat mana?

    BalasHapus
  5. hardware shop ada tak? toko bahan kimia tak tau kat mana...

    BalasHapus
  6. Kalo saya mau bikin sabun susu kambing, bagaimana komposisinya ya? Kebetulan saya biasa minum susu kambing . Kalo misalkan saya pake resep #1, susu kambingnya brp gram dan apakah prosesnya sama saja?

    Resep#1 - sabun padat
    235 g Minyak Zaitun
    150 g Minyak Kelapa
    100 g Minyak Sawit
    ... g susu kambing?
    74 g NaOH – Natrium hidroksida + 210 g Air
    10 cc fragrance + pewarna
    (Proses Pada Suhu ruangan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. airnya aja diganti sama susu kambing, prosesnya bekukan dulu susu kambingnya, proses pencampuran kalo bisa suhu dingin karena ada reaksi antara NaOH dengan protein dalam susu, jangan lupa pake masker, bau menyengat akan keluar... cmiiw

      Hapus
    2. Kalau mw bkin sabun beraS, b'arti pake air dari beras y??

      Hapus
  7. lumayan buat tugas wirus, makasih tutorialnya kak :D

    BalasHapus
  8. Minyak-minyaknya itu pake minyak goreng, bisa tidak ya? Seperti minyak kelapa, apa perlu cari virgin?

    BalasHapus
  9. kl misal nya susu kambing nya tdk di bekukan ...langsung cair di campur dengan NaoH bisa gk mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak di bekukan tinggal tambahin madu... terus jahe.. jadi MINUMAN ENAAAAK.....

      Harus di bekukan om... biar proses sponisasinya lebih baik.... kevuali susu sapi bisa langsung..

      Hapus
  10. bagus kak jadi pengen nyoba hehe, kalo perbedaan dasar minyak sawit & minyak kelapa tuh apa ya? bisa gak diganti sama minyak goreng kemasan?

    BalasHapus
  11. mbak, minyak zaitun itu yg mana? yg buat wajah atau minyak biasanya? mksih

    BalasHapus
  12. bagus!!!! soalnya kan aku bwt percobaan sabun di sekolah dan pke resep yang ini nih
    Halo Nanik... iya saya cuma kasi link untuk resep lebih jelasnya :
    Resep#1 - sabun padat
    235 g Minyak Zaitun
    150 g Minyak Kelapa
    100 g Minyak Sawit
    74 g NaOH – Natrium hidroksida + 210 g Air
    10 cc fragrance + pewarna
    (Proses Pada Suhu ruangan)

    Resep#2 - sabun padat
    250 g Minyak Sawit
    140 g Minyak Kelapa
    100 g Minyak Jagung
    75.5 g NaOH – Natrium hidroksida + 210 g Air
    10 cc fragrance + pewarna
    (Proses Pada Suhu ruangan)


    trus nunggu bisa di pakenya kira" semingguan sihhh klo kurang dari itu kadang ada yg gatel" gitu

    BalasHapus
  13. Eh sekarang juga ada yang baru loh.. celana dan kaos kaki bergabung, jadi deh legging wudhu pelangi... tanpa ribet lepas pasang kaos kaki saat wudhu. ni mari...
    ini Legging Wudhu Pelangi
    ini Legging Yang Syari
    Recomended dari Jasa SEO Jogja
    dan Aksesoris Gadget Lucu

    BalasHapus
  14. mohon penjelasan nya. pakai NaOh atau caustic soda. trim's

    BalasHapus
  15. klo di tmbahai juice pepaya cara penambahan gimana dan berapa ml ukuran juice yg di tambahkan

    BalasHapus
  16. terimakasih atas informasinya sangat berguna sekali

    BalasHapus
  17. Terima Kasih banyak atas sarannya, saya akan tunggu lagi informasi menarik lainnya
    salam
    Nu Amoorea Stem cell
    Nu Amoorea Beauty Plus Bar

    BalasHapus
  18. Salam, sy dari malaysia.
    Trima kasih ya kerana sudi berkongsi ilmu.

    BalasHapus

Creativity and Share with love...