Rabu, 20 Februari 2013

Kalender di hari pertama #librarian's diary


Hola...
Untuk tiga bulan ke depan, saya kembali menjadi librarian di Perpustakaan Yayasan BaKTI. Saya menggantikan teman saya dari kelas merajut, Marnie yang sedang cuti melahirkan. Tentu saja cukup menyenangkan, bagi saya tak ada kata bosan untuk rutinitas di sebuah perpustakaan. Sejak masuk kuliah, saya sudah melakukan pekerjaan ini. Pertama di Biblioholic, saya ditawari menjadi relawan oleh Ochank. Tiga tahun saya menghabiskan waktu di sana. Adalah hal yang menyenangkan bisa bertemu banyak buku yang ditulis oleh orang-orang hebat. Kesalahanku adalah saya tidak menyempatkan diri membaca semuanya sampai Biblioholic diputuskan untuk tutup sampai dapat tempat baru. Lalu di Idefix, juga sebagai partisipan, saya senang melakukan pendataan buku-buku, mseki tak sempat membacanya semua, namun ada kesenangan tersendiri saat kau mulai mendatanya satu per satu lalu membolak baliknya sebentar, dan bertatapan dengan sampul serta membaca judulnya. Hal yang sangat menarik menurutku. Selanjutnya di Kampung Buku, selain menjadi pustakawan saya bekerja sebagai manajer keuangan. Kali pertama saya berurusan dengan uang serta laporan. Beruntung karena Piyo dengan senang hati selalu sabar mengajari saya dan saya belajar banyak dari ketelitiannya membaca laporan. Namun karena harus ikut KKN persyaratan wajib kampus, saya memilih untuk berhenti di Kampung Buku.

Setelah dua tahun, saya melakukan banyak macam pekerjaan di berbagai tempat, tapi tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menjadi pustakawan. Makanya saat dibertahu sama Nyomnyom seblumnya lalu Marnie menelpon saya menanyakan apa kesibukanku saat ini dan apakah saya bersedia menggantikan posisinya sementara waktu? Saya tak berpikir lama untuk menjawab yes. :)

Ya, tentu saja saya punya kegiatan lain, yaitu mengerjakan skripsi. Sempat bingung juga, tapi saya yakin bekerja di sebuah perpustakaan tak banyak menyita waktu, saya bisa mengerjakan skripsi saya sedikit-sedikit. Lalu bagaimana dengan kegiatan berkerajinan tanganku? Di sela mengurusi buku serta pembacanya, saya juga bisa mengerjakannya sedikit-sedikit. Lagipula tempat baru ini bisa menjadi sumber inspirasi lagi, bukan begitu? 
Nah, bagaimana dengan RnC shop? Untuk sementara saya tutup. Kami bertiga tak ada yang bisa meluangkan waktu untuk mengurusinya. Sampai kami dapat kios baru, selesaikan skripsi, dan kerjaan ini kelar, saya akan fokus membenahi RnC Shop. I promise. ;)

Hari ini, hari pertama saya di perpustakaan ini. Sudah lama saya tidak melakukan rutinitas bangun pagi, mandi pagi, naik angkot di pagi hari, dan semua rutinitas pekerja pada umumnya. Wajar kalau saya merasa aneh sendiri. Tapi tak apalah, semuanya akan menyenangkan dengan caraku sendiri. Waktunya menghidupi hidup. 

Seharian saya mempelajari semuanya, tentu saja dua hari sebelumnya Marnie sudah memberikan semua arahan yang mana yang mesti saya kerjakan serta berkenalan dengan yang lainnya. Mulai berkenalan dengan kode-kode rak buku, lalu menyusun buku, serta menginput buku baru.

Setelah itu, saya punya cukup waktu untuk mengerjakan skripsi dan berdiskusi dengan teman saya yang sudah mahir mengerjakan skripsi, Soren. Kami mendiskusikan skripsi melalui dunia maya. 
Selain itu saya mulai menyusun agenda-agenda menyenangkan yang bisa membuat saya hidup di sini. Mendengar lagu-lagu keren dari Kurns, membaca majalah NG dan buku, meng-aktifkan lagi blog, serta mengamati obrolan grup Indonesian Chiptune. Tentu saja banyak lagi, tapi nantilah kuceritakan lagi. 

Siang tadi saya iseng membuat kalender khusus untuk saya sekalian menge-tes printer perpustakaan ini. Saya membuatnya dari amplop bekas dan kalendernya ku print dari desain yang disediakan di web Creative Mamma secara gratis. Ayo bikin sendiri kalendermu :) Ada banyak desain kalender 2013 gratis berseliweran di dunia maya.





Lalu menempelkan coret-coretan di penjepit kertas. Hehehe... 
Simpel tapi cukup menyenangkan hari pertama ini :)



Oya, untuk kak Marnie, semoga proses melahirkannya lancar yah...

6 komentar:

  1. Selamat tante Ekaaa... membaca dan kreatif terus yaa.. btw sayang juga ya RnC tutup sementara..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih tanta Anna... terima kasih sudah banyak membantu selamaku kuliah sampai belum-belum selesai kuliah hehehe...
      Saya masih kumpulkan energi dan duit buat benahi RnC, maunya sih dijadikan kayak Tobucil :)

      Hapus
  2. eka, itu mejamu jadi cantik dih hehe. wah eka bertahan jadi pustakawan mancaap. ya, kalo saya suka atur-atur bukuji.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... samaji kali, pustakawanji juga namanya itu :p

      Hapus
  3. Jadi pustakawan dimana kak? ^^ Ahhh itu juga salah satu cita-cita saya yang belum kesampaian :)

    btw semoga skripsinya cepat selesai dan RnC buka lagi ya kak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Bakti Dwi ;)
      Iya amin amin, thanks yah :)

      Hapus

Creativity and Share with love...