Senin, 20 Juli 2015

Natskinca Camane : Perawatan Rambut Secara Alami

Seperti yang kujanjikan di postingan sebelumnya. Inilah rangkuman hasil browsing saya sana-sini tentang perawatan tubuh secara alami. Oke silahkan dibaca dan dipraktekkan. 

1.       Minyak Kelapa
Untuk rambut yang berketombe, oleskan minyak kelapa pada kulit kepala, selain menghilangkan ketombe, juga berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut. Untuk menghasilkan rambut yang bersinar, oleskan minyak kelapa sampai merata, kemudian tutup dengan handuk hangat, diamkan selama satu jam baru kemudian rambut dikeramas hingga bersih.
2.       Coklat Bubuk
Gunakan coklat bubuk tawar yang tidak dicampur dengan gula, karena kita hanya perlu coklat bubuk untuk sampo kering ini.
Tempatkan 1 sendok makan coklat bubuk di mangkok. Tempelka jari-jari tangan di coklat bubuk, tepuk-tepuk agar coklat bubuk yang berlebih kembali jatuh ke mangkok. Tepukkan jari-jari tangan dengan coklat bubuk tadi ke puncak kepala, bagian dimana rambut biasa tampak lepek. Gosok-gosok lembut dan biarkan coklat bubuk berjatuhan. Akhiri dengan menyisir rambut untuk membersihkan sisa coklat bubuk.
Bisa juga mengaplikasikan sampo kering ini dengan sikat gigi lembut yang tidak terpakai.
Cara ini bisa juga dilakukan ketika suatu pagi terbangun kesiangan, padahal ada pertemuan pekerjaan penting, dan rambut tampak lepek nggak keruan.
3.       Alpukat
Campurkan avokad yang dilumatkan dengan minyak zaitun dan yogurt. Balurkan ke rambut, bungkus dengan penutup kepala berbahan plastik. Tunggu setengah jam, kemudian bilas dengan air bersih, kemudian keramas dengan sampo tanpa deterjen.
4.       Madu
Sebagai sampo alami, gosokkan di kulit kepala selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih. Bahkan tak perlu kondisioner rambut lagi setelahnya.
5.       Sebagai masker rambut pun bisa. Inilah penolong mereka yang rambutnya rusak. Campurkan 2 sendok makan madu dengan 2 sendok makan minyak kelapa. Oleskan ke seluruh bagian rambut. Tunggu 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

6.       Kunyit
Campurkan kunyit bubuk dengan madu. Gunakan sebagai masker rambut, seminggu sekali.
7.       Campurkan kunyit bubuk dengan minyak zaitun. Oleskan di kulit kepala, 15 menit sebelum mandi. Lalu keramas seperti biasa.
8.       Pisang
Untuk rambut rusak dan kering, campurkan pisang yang sudah dilumat dengan santan kelapa dan bubuk coklat. Oleskan di rambut, lalu tunggu 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.
9.       Campurkan pisang matang yang dilumat dengan yogurt. Oleskan di kulit kepala. Bilas dengan air bersih setelah 15-20 menit.

10.    Lemon
Keramas dengan sampo, maupun tanpa sampo, akhiri dengan bilasan lemon. Cukup satu sendok teh perasan jeruk lemon untuk 1 cangkir air bersih. Pijat-pijat lembut rambut dan kulit kepala. Bilas lagi dengan air bersih, jika menginginkannya. Rambut tak hanya berkilau sehat, namun juga lembut.

11.    Air Beras
Setelah keramas dengan sampo tanpa deterjen, siramkan air beras ke rambut. Setelah dipijat-pijat lembut sebentar, bilas dengan air bersih dingin. Kondisioner rambut alami ini menyehatkan rambut dan membuatnya berkilau.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Creativity and Share with love...