Kamis, 15 Maret 2012

Craft Tour: Menuju Bandung

@Bandara Sultan Hasanuddin

Yey, akhirnya tiba waktu yang ditunggu-tunggu selama kurang lebih empat bulan. Craft Tour dengan bekal tiket promo super murah yang dibelikan mamaku pun dimulai. Tiketnya seharga Rp 126ribu per satu kali penerbangan. Bulan November lalu saya bersama Sheni mem-booking empat tiket Merpati Airlines, buat Saya, Dia, Upi adikku, dan Wana. Kami membeli tiket dengan jalur penerbangan Makassar-Surabaya, terus dilanjutkan Surabaya-Bandung, karena menurut kami itu juga sudah lumayan murah.
Berangkatlah kami tanggal 12 Maret kemarin. Sheni diganti sama Nou karena dia sudah berangkat duluan ke Bandung bulan Februari. Perjalanan pun dimulai, Saya, Upi, Wana, dan Nou. Kami berangkat start dari pondokan Wana, diantar sama se-Genk Candra, Rafa, Ade, dan teman Nou si Ghost. Tentu saja awal yang menyenangkan karena se-Genk itu heboh, di bandara kita foto-foto bareng, main dorong-dorongan, sampai bergosip ria.
Penerbangan Makassar ke Surabaya tepat pukul 16.15 wita. Penerbangan dipercecpat, entah karena apa. Awalnya penerbangan pukul 7 malam. Saya jadi tidak sempat mengikuti perkuliahan hari senin, tapi sempat ke kampus bawa surat izin dan proposal untuk permohonan pembimbing skripsi. Lalu buru-buru pulang dan bersiap.
Ini kali ke-tiga saya naik pesawat terbang, saya selalu tidak nyaman karena telinga saya pasti selalu berdengung. Tapi selalu ada lagu yang siap menemani perjalanan melalui headset, jadi tidak begitu terasa-lah. Perjalanan satu jam lima belas menit, saya juga membaca jurnal Kontinum di pesawat, jadi cukup nyaman kali ini. Meski telinga tetap berdengung, hahhay.
 @Bandara Juanda

Sampai di Surabaya kami langsung mencari tempat duduk nyaman. Keliling bandara hingga kami kelaparan. Karena tidak ada rencana meninggalkan bandara sampai penerbangan selanjutnya (yaitu besok sore) serta bajet yang kami persiapkan sangat terbatas, akhirnya kami mesti makan, minum, tidur di Bandara. Tentu saja untuk makan mesti mencari yang super hemat, pengalaman di mana-mana bandara, stasiun, atau terminal makanannya lebih mahal dibanding tempat lain. Sheni juga pernah cerita kalau dia pernah makan di bandara, harganya super mahal. Kami pun memilih makan di sebuah restoran cepat saja yang menyediakan paket murahRp 20ribu per porsi tanpa memesan minum, hehehe. Setelah makan buru-buru kami ke mini market yang cukup terkenal ada di mana-mana, membeli air mineral.
Kami harus menunggu 24 jam untuk penerbangan selanjutnya, bisa dibayangkan bertapa membosankannya menunggu? Yah… untung saja di Bandara Juanda disediakan tempat khusus untuk beristirahat, ada karpet untuk tidur dan ruangannya luaaaaaaas sekali di lantai 2. Kami pun gantian untuk terjaga sambil menjaga barang. Sesekali memesan kopi panas dan makan roti untuk bisa tetap melek dan tidak kelaparan. Sampai jam menunjukkan pukul 3 sore. Kami pun beres-beres dan bersiap untuk check in penerbangan Surabaya-Bandung. Tentunya tidak lupa mengisi botol-botol kami dengan air mineral yang disediakan di bandara. Pokoknya harus hemat hemat hemat…
Kali ini saya membaca buku Mitch Albom yang diberikan kak Aan sambil memutar lagu-lagu Adele. Telinga saya tidak lagi berdengung sampai mendarat, suatu kesyukuran.
@Bandara Husein Sastranegara

Kami tiba di Bandung sekitar pukul 6 sore. Sheni ternyata sudah ada menunggu kami di depan, senangnya. Kami pun berjalan keluar bandara lalu naik angkot menuju Gandok, tempat kosan teman Sheni, namanya Risma. Si Risma adalah teman Sheni yang juga crafter, dia keren! Jago menjahit dan membuat baju-baju dengan tema gothic, sekarang di malah ada di Makassar. Jadi kamarnya kami tumpangi selama di sini. Namanya juga perjalanan super hemat, tidak ada bajet untuk sewa kamar apalagi hotel. Hehehe…
Saya menamai perjalananku kali ini Craft Tour karena memang tujuanku cuma itu, mau bertemu crafter yang selama ini kukenal lewat dunia maya, dan mau membeli bahan-bahan craft yang tidak ditemukan di Makassar.